Comro Pedas

Akhirnya....kesampaian juga pengen makan comro..
Kemarin kan rencananya mau bikin comro tapi karena ga sempet, jadilah bikinnya singkong thailand..nah pas malemnya, sambil nunggu Daddy pulang kantor, saya pun bikin comro ini.

Comro apaan sih? comro itu makanan khas daerah Jawa Barat, yang terbuat dari singkong dan diberi isian sambel oncom. Comro sebenarnya kependekan dari oncom di jero [oncom di dalam *eh gimana sih yah  ga enakeun artinya:D*].

Comro itu salah satu makanan favorit saya. Dulu waktu saya masih tinggal di Sukabumi di tempat kelahiran saya, mama suka membuat comro. Di Bandung sendiri sebenarnya banyak yang jualan comro..tapi menurut saya comro yang di Sukabumi lebih enak..apalagi buatan mama hehehhe...








Comro Pedas




Bahan:
750 gr singkong, parut halus
1/4 btr  kelapa, parut
1/2 sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Sambel Oncom:
1 kotak oncom, potong kecil
1 ikat daun kemangi
8 buah cabe rawit pedas
1/3 sdt garam
1/2 sdt gula
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari kencur
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Sambel Oncom: Haluskan semua bahan kecuali oncom dan kemangi. Tumis bumbu hingga harum, masukan oncom, gula dan garam. Terakhir, masukan daun kemangi, cicipi. Angkat, sisihkan.

Campurkan parutan singkong, kelapa dan garam, hingga rata. Ambil adonan kira-kira sebesar bola ping pong, lalu pipihkan, beri isian sambel oncom. Bentuk bulat lonjong atau bulat pipih, tergantung selera, lakukan sampai habis. Goreng di dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.



Selamat mencoba,


0 Komentar