Pineapple Tarlet


Pineapple tarlet ini, teksturnya beremah dan yang istimewa tentu isiannya. Saya memang pecinta nanas, apalagi jika dicampur dengan kayu manis bubuk...emhh...aromanya enak bangeeett....Untuk kulit pienya, saya ambil dari blognya Mbak Hesti, dan isiannya saya ganti dengan nanas, aslinya memakai apel, tapi karena di rumah ga ada apel yang asem, adanya apel merah..kayaknya kurang cocok yah kalo dibuat isian.Bentuknya memang tak secantik punya mbak Hesti...tapi rasanya tetep ueenak kok..^^




Bahan:
300 gr terigu
150 gr butter [beku]
5 sdm gula halus
1/2 sdt garam
2 kuning telur
5 sdm air es

Isi: 
1 buah nanas ukuran sedang, potong kecil-kecil
1 sdt kayu manis bubuk
5-6 sdm gula pasir
100 ml air
1 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan 2 sdm air

Cara Membuat:
Isi: Didihkan air bersama gula, lalu masukan nanas, rebus sampai nanas menjadi layu lalu masukan kayu manis bubuk. Biarkan hingga air menyusut, lalu masukan tepung maizena, biarkan mengental. Angkat, dinginkan.

Kulit: Campurkan terigu, gula, garam aduk hingga rata. Masukan butter beku lalu cacah dengan pisau hingga berbutir, tapi jangan diuleni. Masukan telur, gunakan ujung jadi untuk mengaduk. Kucuri dengan air es secara bertahap. Bulatkan adonan lalu simpan di lemari es selama 15-30 menit. Giling adonan hingga tipis kemudian cetak  dengan menggunakan tutup gelas, lalu masukan ke dalam cetakan tarleta atau pie mini. Ratakan permukaannya, tusuk-tusuk dengan garpu. Masukan isian, kemudian hias dengan adonan berbentuk pita memanjang atau sesuai selera, lalu olesi dengan kuning telur. Lakukan hingga adonan habis. Panggang sampai kuning keemasan.



Pineapple Tarlet dengan aroma kayu manis...segera merebak di dapur anda..^^

0 Komentar