Mochi Ketan Hitam





Ini dia...makanan kesukaan saya dari kecil..mochi...!
Dulu nggak pernah kepikiran tuh buat bikin sendiri. Apalagi kota Sukabumi khasnya kan memang mochi. Biasanya kalau makan mochi, setiap kali mau pulang ke Bandung mampir dulu deh ke tempatnya mochi Kasuari. Disana varian rasanya banyak..dan enak-enaaaakk...

Mochi yang saya buat bahan dasarnya tepung ketan hitam yang dicampur dengan tepung ketan putih, untuk isiannya saya memakai kacang hijau kupas. Rasanya memang enak..apalagi balutannya pakai wijen. Ada juga sih yang saya balut dengan maizena sangrai, tapi kurang suka. 
Resep mochi ini dari Majalah Sedap, yang saya dapatkan via Hesti Kitchen, seperti biasa yah mbak Hesti....makasih udah di share resepnya..^^





MOCHI KETAN HITAM




Bahan
150 gr Tepung ketan putih
50 gr Tepung ketan hitam
50 gr Gula Pasir
10 gr Tepung maizena
1 sdm Minyak
100 ml Air biasa
50 ml Air panas
1/4 sdt garam
1/2 sdt Vanili bubuk

Bahan Isi
150 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam
100 ml susu cair [saya pakai santan]
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam

Balutan
Maizena sangrai secukupnya
Wijen sangrai secukupnya


Cara Membuat

Isian


 Kukus kacang hijau 30 menit hingga mekar. Campur susu/santan, gula dan garam, serta kacang yang sudah dikukus masak sambil diaduk hingga kalis. Setelah dingin, bentuk bulat.

Mochi

Campur tepung ketan hitam dan putih, tambahkan gula, garam, vanilli, aduk rata. Tambahkan minyak, aduk lagi. Campur maizena dengan 50 ml air biasa kemudian masukan air panas, masukan ke dalam campuran tepung, aduk kembali hingga rata. Tuang sisa air, uleni hingga kalis.
Ambil sedikit adonan, beri isian, lalu kukus di dalam dandang yang dialasi daun pisang yang sudah diolesi minyak. Kukus selama 10 menit. Angkat dengan spatula kecil yang sudah diolesi minyak, gulingkan mochi ke dalam balutan wijen atau tepung maizena sangrai.



Selamat Mencoba^^


0 Komentar